Kamis, 22 November 2012

Resensi Novel Sunshine Becomes You





Senyum Cerah Malaikat Kegelapanku

 Judul novel                              : Sunshine Becomes You
Penulis                                     : Ilana Tan
Penerbit                                   : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun                                      : 2012
Tebal                                       : 432 halaman
Harga buku                             : Rp. 65.000,00

            Cerita Ilana Tan mengupas kehidupan manusia di seluruh dunia. Gaya bahasanya lugas, sopan, dan  fleksibel.
            Ilana Tan memiliki ciri khas dalam karya-karyanya. Ia menghasilkan karangan-karangan yang sangat indah dan menakjubkan. Ada yang mengatakan bahwa Ilana Tan tinggal di Jakarta dan sekarang bekerja menjadi seorang penulis.

            Sunshine Becomes You adalah salah satu dari cerita Ilana Tan. Buku ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada 02 Februari 2012 lalu. Karangannya yang sangat popular yaitu tetralogi 4 musim yang menjadikan keempat buku tersebut bestseller. Buku pertama dari tetralogi tersebut adalah Summer in Seoul, lalu Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan yang terakhir Spring ini London.
Sunshine Becomes You adalah cerita penuh dengan kisah cinta yang romantis dan penuh perjuangan hidup, karya Ilana Tan. Bisa dibandingkan dengan Luna Torashyngu, penulis yang menulis ceritanya dengan melukiskan kisah seseorang wanita yang tangguh dan penuh aksi.
            Sunshine Becomes You, bercerita tentang seniman klasik (pianis) muda bernama Alex Hirano yang menjalani hidupnya di kota besar New York. Dan Mia Clark seorang penari kontemporer yang mengajar di sebuah studio tari. Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu, yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan ia bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.
                Seiring berjalannya waktu, pelan-pelan Alex mulai menyukai senyuman Mia, pelan-pelan mulai tergantung pada Mia, pelan-pelan mulai merasa keberadaan Mia sangat penting untuknya, dan dia mulai merasa Mia gadis yang sangat istimewa, hingga pada akhirnya ia merasa sanggup bersaingan dengan adiknya Ray untuk mempertahankan beradaan Mia di dekatnya.
            Namun di tengah semua rasa yang dirasakan Alex, ia selalu merasa ada keraguan besar akan perasaan Mia padanya. Gadis itu selalu tersenyum, bicara dan menatap dengan cara yang sama pada semua orang, membuat Alex tidak merasa mendapat keistimewaan dari Mia. Terlepas dari semua keraguan yang ada, Alex menemukan fakta lain yang menghancurkan semua harapannya, fakta menyakitkan dari kondisi Mia yang membawa kemungkinan ia akan kehilangan Mia untuk selama-lamanya.
            Buku ini memiliki keungulan dari segi karakteristik tokoh-tokoh didalamnya yang membuat si pembaca dapat langsung memahami karakter-karakter tokoh tersebut. Cerita cinta yang diangkat merupakan kisah cinta biasa, tetapi digambarkan dengan sangat menarik. Gaya penulisan dan bahasa yang mengalir dengan indah membuat pembacanya ikut larut dalam emosi yang disampaikan penulis dengan baik. Kisah cinta yang diangkat pun sangat romantis dan manis, tetapi tidak berlebihan.
            Walaupun cerita dalam novel tersebut digambarkan dengan menarik, namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang pribadi Ilana Tan. Ilana dianggap sebagai sosok yang misterius karena tidak pernah mencantumkan profilnya pada setiap buku yang dibuatnya. Sehingga para pembaca merasa kecewa, karena mereka tidak mengetahui profil lengkap Ilana Tan.
            Kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan, tentang impian yang bertahan diantara keraguan, dan tentang cinta yang memberi harapan untuk hidup ini sungguh menyentuh hati. Bagaimanapun buku ini layak dijadikan bacaan, terlebih untuk para pecinta novel romantis dan para pejuang cinta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar